Selasa, 02 Juni 2009

Ketika Dunia Memanjakan dan Mengiris Perasaan (demo)

Human interest adalah segala sesuatu hal yang berhubungan dengan perasaan manusia. Dalam jenis ini, beritanya kebanyakan dimuat dalam bentuk foto. Foto seperti yang kita ketahui dapat menggambarkan situasi yang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Tulisan juga menjadi salah satu sarana dalam mengungkapkan apa yang terjadi di dalam foto.




"seorang nenek tua yang keriput menjadi salah satu contoh foto human interest"

Human interest lebih cenderung kepada kehidupan manusia. Dalam kehidupan manusia, ada banyak hal yang mengesankan dan memilukan. HI berupaya untuk mengabadikan semuanya dalam menguak peristiwa yang terjadi di dunia ini.

Banyak contoh kasus yang dapat menggambarkan apa itu human interest. Dari merenggut korban jiwa hingga yang berjaya dapat dijadikan sumber inspirasi human interest. Fungsi umumnya adalah menggerakan simpati dan empati kepada sesama manusia dengan menilik realitas yang ada. “Nasib mereka ada karena sesuatu yang berkuasa”

Human interest dapat masuk ke berbagai bidang. Mengangkat profil yang dapat menjadi teladan serta mengangkat kasus yang sekiranya menjadi contoh untuk semua orang. Hal ini dapat muncul akibat pergulatan politik, ekonomi, agama, pendidikan, sosial, budaya dan bidang lainnya. Biasanya bagian HI tersebut diambil dari sisi lain bidang yang di telaah. Kemudian hal-hal seperti kecelakaan dan masyarakat miskin biasanya banyak dimuat dalam bentuk berita berkisah (feature)

Semacam contoh kita masuki di bidang politik. Saat ini sedang gembot-gembornya mengenai pemilihan presiden, namun dibalik hal tersebut ada sesuatu hal yang unik dan dapat dijadikan sebagai bahan human interest. Dalam sebuah berita yang menyajikan vox pop, sang pewawancara menanyakan bagaimana nasib seorang tukang sapu jika salah satu capres terpilih.

Jawaban yang muncul dari mulut si tukang sapu adalah “mau siapapun presidennya, saya masih tetep jadi tukang sapu, ga berubah”. Itulah yang dapat dijadikan sisi human interest sebagai penarik simpati dan empati apakah presiden itu nantinya menguntungkan dan dapat mengubah nasib seseorang.

Kemudian ke wajah ekonomi misalnya, kenaikan UMR yang terjadi di setiap provinsi memang menguntungkan namun ada sebagian yang bergaji bahkan di bawah UMR. Ketimpangan kesekian Indonesia dengan problema UMR dapat menjadi human interest bagi semua orang dan lebih keras dalam memperjuangkan keadilan.

Itulah sekiranya sedikit penjabaran dari definisi human interest dan apa saja yang terkait di dalamnya. Salam untuk semuanya dan biarkan dunia ini memanjakan dan mengiris perasaan kita.

anju christian
dimas dito

3 komentar:

  1. apakah human interest itu penting? bagi gw sih cukup penting ..memainkan perasaan dan membuat lebih peka dengan lingkungan sekitar. ho oh dah

    BalasHapus
  2. Cahaya Ramadhani3 Juni 2009 02.35

    human interest itu udah ada di setiap perasaan manusia,, cuma kadang lingkungan yang membabat habis sisi human interest kita menjadi tidak ber-human interest,,
    tulisan yang unik,,
    bisanya human interest cuma di pelajaran fotografi,,ternyata luas yah,,

    BalasHapus
  3. ooh iya dong hoy . kirain gw cuma di foto aja ..
    ternyata bisa diungkap dengan tulisan .. pasti menarik klo bikin berita lengkap dari poto ampe tulisan . bikin orang-orang menangis atau tertawa berarti sudah berhasil .. simpati dan empati nomer satu ...

    BalasHapus